Senin, 23 November 2009

Kutai Dongkrak Ekonomi Melaui Koperasi

Dewan Koperasi Indonesia, 11 Feb 2009
Kutai Dongkrak Ekonomi Melalui Koperasi
KUTAI, DEKOPIN – Pemda Kutai Barat bertekad memajukan koperasi guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah tersebut. Hal tersebut menurut Bupati Ismael Thomas sesuai dengan visi dan misi daerahnya dalam membangun masyarakat yang sejahtera berbasiskan ekonomi kerakyatan.
“Ini merupakan bentuk harapan, niat dan tekad Pemkab Kubar kepada koperasi untuk menjadi soko guru ekonomi di kampung-kampung,” ujar Ismael.

Ia berharap, masyarakat Kutai Barat dapat menjadi anggota koperasi yang ada di daerahnya masing-masing.

Tujuan itu, menurut Ismael, dapat tercapai apabila semua pengurus koperasi yang ada memiliki niat yang tulus untuk bersama-sama pemerintah kampung dan masyarakat membangun ekonomi. Disamping kerjasama dalam bentuk pengawasan dan memotivasi perkembangan koperasi-koperasi yang ada oleh berbagai perangkat yang ada di daerahnya.

“Untuk itu, setiap Koperasi harus memiliki transparansi administrasi, manajemen pembukuan yang baik serta memiliki pertanggungjawaban yang baik bagi setiap anggotanya., sehingga sesuai yang diterapkan Bapak Bangsa ini yaitu Soekarno-Hatta bahwa nantinya koperasi ini sebagai soko guru perekonomian masyarakat. Dan, bagi pengurus koperasi tunjukkanlah jati diri dan kinerjanya,” katanya.

Ia mengharapkan, dengan adanya koperasi ini dapat dilaksanakan sesuia dengan aturan koperasi. Di mana tujuannya untuk meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat. Juga beras cadangan pemerintah ini juga dapat tersalurkan melalui koperasi-koperasi yang ada. Dari evaluasi Disperindagkop pada 2008 lalu, yang berjalan sudah 75 persen.(KP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar